Produk Menjadi Lebih Menarik dengan Jasa Video Animasi

Video Marketing 14 Jan 2019
ditulis oleh :

Jasa Video Animasi sebagai Media Promosi Populer di Masa Kini

Produk menjadi lebih menarik dengan jasa video animasi, dan bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan suatu produk. Apalagi saat ini hampir semua perusahaan telah bersaing untuk menampilkan produk yang dipromosikan secara menarik agar minat pelanggan meningkat. Tidak hanya itu, adanya video iklan yang dipromosikan perusahaan dapat membuat kemasan dan merk produk semakin dikenal masyarakat luas.

Kebutuhan pemasaran tersebut tidak bisa dipungkiri oleh banyak perusahaan sehingga bekerja sama dengan jasa video animasi menjadi jalan keluarnya. Jasa yang mampu memproduksi kemasan produk melalui video iklan dengan animasi yang berkualitas tentu yang paling dicari oleh perusahaan. Oleh karena itu, untuk memilih jasa pembuatan video harus dilakukan secara selektif agar menghasilkan sesuatu yang saling menguntungkan keduanya.

Para ahli desain grafis saat ini banyak yang berlomba-lomba untuk membuat desain animasi digital yang menarik untuk ditawarkan ke berbagai perusahaan. Tentunya kemampuan tersebut tidak datang secara tiba-tiba tanpa perhitungan, justru didapatkan melalui pelatihan secara bertahap dan disertai uji kemampuan. Mereka memilih untuk menekuni desain visual harus sepenuhnya dijalani tanpa ada keraguan sehingga nantinya dapat menjadi karya yang luar biasa.

Promosi menggunakan iklan dengan video animasi saat ini banyak dibutuhkan sehingga terdapat banyak media promosi yang memberikan sarana untuk itu. Mengingat fungsinya yang sangat efektif dalam memberikan informasi kepada pelanggan terkait detail produk yang dijual, seperti kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, jasa video animasi akan sangat dibutuhkan kinerja dan kualitasnya dalam membangun infomasi yang dikemas menjadi video menarik.

Poin Penting Jasa Video Animasi

Ada banyak hal yang menjadi penting untuk diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan promosi, yakni dengan cara mengenal alat promosi. Berikut ada beberapa alat promosi yang bisa menjadi pilihan para pembuka usaha yang ingin memperkenalkan produknya untuk pertama kali.

1. Memasang Periklanan

2. Personal Selling / Penjualan Individu

3. Kegiatan Publicity

4. Promosi Penjualan

Ada 4 Variabel dan Penjelasan Alat Promosi

Upaya berbagai pihak yang menjalani usaha atau bisnis dalam meningkatkan penjualan atau hanya memperkenalkan produk biasa disebut sebagai promosi. Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin berkembang membuat media promosi juga berada pada tahap inovasi terbaru. Alat promosi yang sebelumnya telah disebutkan perlu diketahui penjelasannya, berikut fungsi dari 4 variabel alat promosi pada jasa video animasi.

1. Memasang Periklanan

Media promosi yang umumnya digunakan oleh para pengusaha untuk membuat produknya terlihat menarik di mata pembeli adalah periklanan. Para pemasar yang menggunakan media iklan harus memenuhi tiga tujuan utama, yakni memberi informasi, membujuk, dan mengingatkan kembali. Media ini tidak digunakan secara gratis, biaya yang dipasang untuk periklanan juga bermacam-macam tergantung pada jangkauan pemasaran pada pelanggannya.

2. Personal Selling / Penjualan Individu

Penjualan individu atau yang sering disebut personal selling merupakan sebuah interaksi yang dijalin untuk tujuan yang saling menguntungkan. Interaksi ini biasanya dijalin oleh dua individu yang bekerja sama dan saling bersepakat saat berbisnis.

3. Kegiatan Publicity

Publicity merupakan kegiatan promosi yang dilakukan dengan cara menyebar berita, namun tanpa mengeluarkan biaya, atau gratis. Saat ini kegiatan publicity telah banyak dilakukan karena dapat menghemat biaya pengeluaran untuk produksi barang atau jasa.

4. Promosi Penjualan

Kegiatan ini juga banyak dilakukan oleh para pemasar, yakni dengan cara memberikan diskon atau hadiah saat dilakukan pembelian. Hal tersebut sangat menghibur konsumen dan berhasil menjadi salah satu cara paling efektif dalam meningkatkan penjualan.

Keempat variabel promosi tersebut sesuai dengan yang ditulis oleh Anggayani (2014) yang menjelaskan tentang berbagai media promosi yang efektif. Dari semua yang telah disebutkan sesuai dengan jasa promosi yang saat ini sedang banyak berkembang di dalam pemasaran bisnis. Selain empat tersebut, terdapat salah satu strategi penting yang saat ini mulai dikembangkan sebagai sarana dan media promosi, yakni internet.

Internet saat ini tidak bisa lepas dari kehidupan seluruh orang di dunia, oleh karena itu keberadaannya bermanfaat untuk promosi. Jaringan yang bisa menghubungkan setiap orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi/ bertukar informasi adalah hal utama pentingnya internet untuk promosi. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena internet menyediakan banyak situs yang bisa dijadikan pasar atau lahan untuk kegiatan promosi.

Jasa Video Animasi via Internet

Video iklan yang disebarkan melalui internet dengan tujuan untuk mempromosikan barang memang menjadi cara paling efektif. Namun, ada beberapa hal yang menjadi penting agar unsur video disukai oleh banyak orang, yakni animasi. Perlu disimak dengan baik tentang alasan mengapa video animasi lebih banyak diminati dan juga efektif dalam menarik pembeli.

 

Banyak hal yang membuat animasi menjadi unsur yang paling menarik untuk ditonton, antara lain. Berdasarkan kenyataannya, 90% masyarakat dunia cenderung menyukai video atau gambar bergerak daripada teks yang berisi tulisan saja. Hal itu disebabkan daya serap otak manusia cenderung lebih cepat saat menangkap informasi melalui audio-visual daripada tulisan atau angka.

Dari penjelasan tersebut, maka solusi terbaik untuk mempromosikan barang atau jasa adalah mengemasnya melalui media visual berupa animasi video. Apalagi jika pihak yang ingin mempromosikan produknya adalah perusahaan atau instansi besar yang membutuhkan banyak konsumen atau penonton. Tentunya dengan pembuatan video animasi, informasi tentang produk akan mudah diingat dan tersampaikan dengan baik kepada calon pembeli.

Video animasi mengandung unsur gambar yang bergerak baik itu dua dimensi maupun tiga dimensi sehingga objek terlihat lebih hidup. Pembuatan videonya juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan sembarang alat atau aplikasi. Tetapi harus dengan ahli yang sudah terlatih di sini, serta bisa menggunakan perangkat lunak pada komputer khusus untuk animasi.

Animasi sendiri memiliki arti yakni gambar bergerak yang berasal dari proses merekam dan mengulang rangkaian gambar statis untuk memberikan efek hidup. Seperti yang dikatakan Fernandez (2002), “Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion”. Sejak saat itu, video animasi mulai dikembangkan, hal tersebut nyatanya menarik minat pasar, baik dikonsumsi untuk hiburan ataupun iklan.

Jenis-jenis Animasi yang Harus Diketahui oleh Video Maker

Sebelum mengambil langkah untuk mulai mengemas iklan lewat video animasi dan disebarkan ke internet. Anda harus selektif dalam memilih jasa video animasi untuk produk yang akan ditawarkan, kalau perlu harus ada bukti kualitas jasa. Setidaknya mereka memiliki banyak pengetahuan di bidang animasi, terkait dengan software, computer, jenis animasi, atau bahkan cara membuat animasi.

a. Jenis-jenis Animasi
Animasi memiliki berbagai sisi untuk dipelajari, itu sesuai dengan yang disebutkan di dalam e-book Setiawan dan Zia Ulhaq (). Jika dilihat dilihat dari sisi teknik pembuatan animasi masa kini, terdapat 3 jenis animasi.

1. Stop Motion Animation.

2. Traditional Animation

3. Computer Graphics Animation

 

b. 2 Kategori Software Animasi
Selain jenisnya, animasi juga memiliki software khusus yang berfungsi untuk memberi kemudahan pada proses pembuatan videonya. Terdapat dua macam software atau perangkat lunak untuk memprogram animasi yang perlu diketahui, yakni:

1. Perangkat Animasi 2 Dimensi

2. Perangkat Animasi 3 Dimensi

Proses Pembuatan Iklan Promosi oleh Jasa Video Animasi Terpercaya

Jasa video animasi terpercaya tentu memiliki lisensi tertulis, atau minimal memiliki sebuah karya yang nyata dan bisa dipublikasikan. Dalam mengambil langkah untuk membuat iklan melalui video animasi, tentu mereka sangat berhati-hati. Berikut langkah-langkah yang biasa dilakukan oleh video maker yang sudah ahli, sesuai dalam buku yang ditulis oleh Meroz (2014).

1. Mendatangkan Sebuah Ide Menarik untuk dirilis

Ide sangat penting untuk mengawali pembuatan sebuah teks video. Ide yang dicetuskan harus disesuaikan dengan tema iklan yang ditawarkan untuk dikemas ke dalam video animasi.

2. Menulis Naskah

Setelah itu, ide tersebut ditulis menjadi sebuah naskah cerita untuk mempermudah gambaran alur animasi.

3. Membuat Papan Cerita

Selanjutnya naskah dirinci lagi menjadi rentetan cerita yang berurutan sesuai alur temanya.

4. Mengemasnya dalam Gambar Animasi

Jika cerita sudah siap dan berurutan, maka saatnya menggambar ide-ide yang ada pada cerita sesuai tema yang diiklankan.

5. Penggunaan Efek

Gunakan efek pada gambar untuk memperlihatkan lebih jelas posisi keluar-masuk, atau gerak animasi.

6. Pemilihan Karakter

Pilih karakter utama animasi Anda, misalnya lebah, manusia, atau yang lain sesuai dengan tema iklan unik yang telah dipilih.

7. Rigging

Kemudian lakukan rigging, untuk mengambil model 3D dan membangun kerangka gambar agar dapat bergerak sesuai dengan yang diinginkan.

8. Previsualisasi

Setelah itu, animasi dibuat dan diproses melalui program 3D dengan mengatur ulang bentuk visualnya hingga sesuai dengan kriteria.

9. Pengisian Suara

Pengisian suara sangat dibutuhkan agar memberi efek hidup dan nyata di dalam video animasi.

10. Pencahayaan, Teksturing, dan Rendering

Pencayahaan dalam animasi juga sangat diperlukan untuk menyesuaikan dengan konteks animasi, begitupun teksturing, dengan mengatur resolusi dan kualitas gambar. Sementara rendering diperlukan sebagai proses akhir dari seluruh permodelan grafik pada gambar.

11. Editing

Gambar yang telah disatukan diberi berbagai macam warna atau efek yang sesuai di tiap bidikan. Di sini hasil pemotretan gambar dicek kembali dan diedit sesuai dengan kecocokan tema animasi.

12. Pengaturan Suara

Pengaturan suara bisa berupa music latar atau pengiring, bisa juga sebagai efek yang ditunjukkan oleh animasi

13. Memilih Judul Video Animasi yang Telah Dibuat

Tahap yang terakhir adalah memberikan judul pada video animasi yang telah dibuat. Judul bisa menggunakan karakter utama dalam animasi atau berdasarkan tema iklan yang dipilih

Langkah tersebut sudah menjadi kebiasaan para maker ahli yang memberikan jasa video animasi yang berkualitas. Video animasinya tidak hanya menarik dari segi tampilan, tetapi juga menarik dari sisi pembawaan detail informasi produk yang ditawarkan. Tentu tidak akan membuat calon pembeli bosan saat melihat tayangan promosi produknya, justru menjadi menarik karena karakternya yang lucu.

 

Daftar Referensi:

· Arista Prasetyo Adi. 2017. Bikin Video Apapun Tanpa Ribet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

· ItQan Project. 2015. Scope: Supply of Video Shooting Services. Orpic, Oman Oil Refineries and Petroleum Industries Company.

· Vituccio, Ralph. Independent Filmaker. EntertainmentTechnology Center Amazon.

Bagikan:

Artikel Lain

25 Mar 2019 Update & Announcement
Maunya sih bebas berkarya tapi klien banyak maunya. Solusinya? Yuk kita diskusikan disini!
21 Feb 2019 Video Marketing
Setiap produk yang Anda luncurkan, masing-masing pasti memiliki cerita atau kisah yang unik. Narasi yang Anda berikan kepada masyarakat tentang produk Anda harus berani berbeda, unik dan menarik. Agar pesan dapat tersampaikan dengan jelas, Anda butuh video.