Panduan Membuat Paket Layanan Produksi Konten atau Pitch

Fitur, Update & Announcement 15 Oct 2018
ditulis oleh :

 

Membuat Buyers Brief

Sebelum membuat Pitch, Vendor sebaiknya membuat Buyers Brief.

 

Buyers Brief adalah catatan yang mengkonfirmasikan dan menyamakan pemahaman antara vendor dan buyers. Vendor membuat daftar pertanyaan yang perlu diisi oleh buyers, sesuai dengan segala informasi dan materi yang dibutuhkan dalam proses produksi konten.

Vendor memiliki kebebasan membuat form buyers brief sendiri sesuai dengan keunikan pitch yang ditawarkan. Example Brief telah disediakan sebagai default.

 

Langkah Membuat Pitch

Klik tab Pitch lalu klik Tambah Baru dan mulai membuat Pitch Dari Awal

 

Info Dasar

Siapkan paket layanan produksi konten yang ingin vendor tawarkan ke calon buyers. Dengan langkah dan cara sebagai berikut :

  • Isi Judul Pitch. Disarankan memuat 3 unsur, yaitu kata kunci pencarian, market yang dituju, dan keunikan atau ciri khas layanan.

  • Isi Kategori. Kategori yang tersedia untuk saat ini ada 4 yaitu Video Shoting, Animasi, Post Produksi dan Lainnya. Kategori lainnya memungkinkan untuk bermacam layanan yang masih terkait produksi konten video seperti, pitch penulisan skrip, Talent Shoting, fotografi, dan lain lain.

  • Upload Thumbnail. Ini adalah gambar yang ditampil pada halaman daftar pitch di bagian depan website. Disarankan gunakan thumbnail yang paling menarik, terkait dengan demo yang ingin ditampilkan. Jika tidak, diisi secara default yang ditampilkan adalah icon Videoin.id

  • Isi deskripsi singkat. Pada bagian ini disarankan memberikan gambaran singkat layanan yang dilengkapi promise atau janji, nilai tambah utama (added value) yang diberikan ke calon buyers.
    Isi Deskripsi. Di bagian ini vendor disarankan memberikan penjelasan sejelas jelasnya mengenai pitch. Seperti penjelasan benefit yang ditawarkan, penjelasan lebih jauh mengenai proses kerja atau produksi, hal hal atau batasan yang tidak termasuk dalam harga pitch dan memerlukan tambahan biaya (pitch ekstra) dan segala informasi lain yan dibutuhkan. Gunakan kalimat (copywriting) yang menjual pada bagian ini.

  • Isi Jumlah. Tetapkan jumlah ukuran paket pitch penjualan yang vendor harapkan. Vendor dapat menjual dengan ukuran per-Video, per-Menit, per-Hari dan lain lain.

  • Isi Harga. Vendor bebas menentukan harga pitch yang di harapkan. Published Price adalah harga yang ditampilkan di daftar pitch, dimana selisihnya adalah biaya untuk videoin.id yang dibebankan kepada buyers.

  • Pilih Buyer Brief Form. Tentukan form buyer brief yang sudah vendor buat sebelumnya untuk diisi oleh buyers saat membeli pitch tersebut. Secara default yang ditampilkan adalah Example Brief yang sudah ada dari videoin.id

  • Isi Kata Kunci. Untuk memperkuat sistem pencarian pada search videoin.id maupun situs pencarian terhadap visibility pitch vendor, silahkan isi yang sesuai.
     

Jika sudah semua diisi, klik selanjutnya. Vendor selalu dapat kembali lagi ke tahap ini jika ingin ada perbaikan.


Detail

Masukkan lebih lanjut detil dari Pitch

  • Isi EST Delivery Time. Masukkan estimasi waktu produksi dari pitch tersebut sampai diselesaikan.

  • Isi Point Detail. Masukkan poin poin benefit yang sudah termasuk dari paket pitch. Hal ini juga untuk memastikan batasan apa saja yang akan di provide oleh vendor dan apa yang tidak.
     

Jika sudah semua diisi, klik selanjutnya. Vendor selalu dapat kembali lagi ke tahap ini jika ingin ada perbaikan.

 

Production Step

Ini adalah fitur yang paling penting untuk diperhatikan dan dibuat dengan sebaik baiknya. Karena fitur ini terkait dengan otomasi sistem ketika produksi sedang berjalan.

  • Revisi. Vendor dapat menentukan berapa revisi yang bisa diberikan kepada buyers terkait pitch yang dibeli. Jumlah revisi yang diinput akan berlaku pada sistem saat proses produksi.
    Misal diinput 2 kali revisi, pada saat proses produksi, secara otomasi sistem, buyers terbatas hanya boleh meminta revisi 2 kali sepanjang proses produksi.
    Jika vendor memberi centang pada Unlimited Revision, sebagai benefit yang ditawarkan kepada buyers, pada otomasi sistem buyers tidak dibatasi permintaan revisi.

  • Production Step. berfungsi untuk mencatat perkembangan pembuatan konten. Pada masing masing langkah, Vendor harus mengupload hasilnya, yang kemudian bisa diterima atau diminta revisi oleh pembeli. Vendor dan Buyer dapat masuk ke step selanjutnya, jika step produksi yang berjalan sudah di approve. Jika sudah masuk ke step selanjutnya, maka step produksi sebelumnya telah dikunci.
    Vendor dapat menentukan sendiri step produksi. Secara default, proses produksi terdiri dari Pra produksi,Produksi, dan Pasca Produksi. 

 

Pitch Extra

Vendor dapat menyediakan opsi servis tambahan diluar paket pitch dan harga yang telah ditentukan sebelumnya. Secara default ada pilihan pitch extra sebagai berikut :

  • Additional Duration. Jika harga paket Pitch vendor terhitung harga 1 menit, buyer tetap memiliki pilihan untuk memesan untuk durasi lebih, misal 2 atau 3 menit.

  • Additional Revision & Unlimited Revision. Ini memberikan pilihan pada buyer jika menginginkan jumlah revisi yang lebih banyak atau membutuhkan benefit unlimited revision (Revisi tak Terbatas).

  • Non Disclosure Agreement. Pilihan ini diberikan jika buyer mengharapkan kerahasiaan dalam hasil karya produksi ini. Biasanya buyer mengharapkan hasil akhir karya tidak boleh diklaim sebagai karya vendor. Kasus ini seringkali terjadi jika berurusan dengan agency atau pihak korporasi.

  • Extra Fast Delivery. Pilihan ini diberikan jika buyer mengharapkan produksi selesai lebih cepat dari estimasi kerja yang diberikan sebelumnya pada Pitch. Sehingga dari sisi vendor mengharapkan adanya penambahan biaya.

  • Tambahkan biaya baru. Vendor bebas menambahkan biaya baru sesuai kebutuhan dan keunikan pitchnya.
     

Jangan lupa klik centang untuk mengaktifkan Pitch Extra yang ingin ditampilkan.


Demo

Disini vendor menampilkan contoh atau hasil karya yang sepadan dengan pitch yang telah dibuat. Hal ini bertujuan memperbandingkan antara paket pitch (harga) dengan output yang dihasilkan. Sehingga calon buyer dapat menilai dan memiliki persepsi yang sama dengan vendor.

Vendor dapat menginput beberapa demo yang ingin ditampilkan pada pitch. Vendor memiliki 3 pilihan cara input demo, yaitu URL Youtube, URL Gambar, dan Embed Video

Jika semua sudah diinput, silahkan klik simpan. Lalu tunggu verifikasi oleh tim. Tim dapat melakukan approve atau reject pitch vendor. Jika di reject, vendor akan mendapatkan pemberitahuan apa yang harus diperbaiki vendor untuk kemudian di submit ulang.

Masih bingung atau menemukan kesulitan? Jangan malu hubungi kami disini 

Bagikan:

Artikel Lain

25 Mar 2019 Update & Announcement
Maunya sih bebas berkarya tapi klien banyak maunya. Solusinya? Yuk kita diskusikan disini!
21 Feb 2019 Video Marketing
Setiap produk yang Anda luncurkan, masing-masing pasti memiliki cerita atau kisah yang unik. Narasi yang Anda berikan kepada masyarakat tentang produk Anda harus berani berbeda, unik dan menarik. Agar pesan dapat tersampaikan dengan jelas, Anda butuh video.