Jasa Video Shooting Sebagai Langkah Bisnis Profesional

Strategi Vendor 14 Jan 2019
ditulis oleh :

Pentingnya Skill Profesional untuk Jasa Video Shooting

Jasa video shooting telah menjadi salah satu bisnis pilihan seorang pemuda diantara dengan bisnis lain. Hal tersebut dilakukan oleh seorang pemuda dengan cara bekerja paruh waktu untuk menghasilkan uang. Pada umumnya seorang pemuda akan lebih mempunyai fisik yang kuat, lebih kreatif, penuh semangat, dan lebih berani mengambil resiko.  

Pada era sekarang ini memang sudah banyak pemuda yang memilih untuk berkecimpung dalam dunia bisnis. Sebab bisnis ini adalah bisnis yang menjanjikan dan hal ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi bangsa kita. Pasalnya, disaat bangsa sedang mengalami krisis moneter dan krisis global, bisnis ini dapat dijadikan sebagai solusi bagi masalah pengangguran.

Dengan banyaknya para pebisnis muda yang kreatif akan memunculkan pebisnis-pebisnis muda lainnya dan memberikan peluang pekerjaan bagi orang lain. Pemuda yang menjalankan bisnis akan dapat mengubah pandangan negatif dari masyarakat terhadap diri pemuda yang dari dulu dianggap pengangguran. Bisnis yang dilakukan tentunya harus positif dan dapat memberikan potensi-potensi baik yang dapat ditiru oleh masyarakat.

Di dunia usaha, prospek wirausaha jasa video ini terbilang cukup bagus, bisnis ini menjadi bisnis yang tepat bagi semua orang. Khususnya bagi orang yang mempunyai hobby dibidang audio atau video. Meski dianggap sepele, namun ternyata bisnis jasa video shooting dapat mendatangkan keuntungan bagi orang yang menjalakan bisnis dengan sungguh-sungguh.

Bisnis jasa video shooting dapat dilakukan pada acara pernikahan untuk mendokumentasikan hasil pernikahan, seminar, acara gathering, dan lain sebagainya. Terdapat peluang besar dari bisnis ini yaitu ketika mengambil jasa dokumentasi pernikahan. Sebaiknya sebelum melakukan bisnis ini pelajari tentang teknik pengambilan gambar yang baik agar mendapat respon baik dari masyarakat.

Bisnis ini hingga saat ini tidak pernah mengalami kemunduran, jika dilakukan dengan serius. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan akan tetap ada seseorang yang bergantian untuk menikah dan akan tetap membutuhkan jasa ini. Namun perlu diingat bahwa semua bisnis yang dilakukan seseorang akan tetap membutuhkan modal, sedikit ataupun banyak.

Persiapan Yang Dilakukan Untuk Menjalankan Bisnis Jasa Video Shooting

Persiapan yang dilakukan untuk menjalankan bisnis jasa video shooting yang pertama adalah modal untuk melakukan usaha. Sebaiknya Anda mempunyai keterampilan dalam bidang audio atau video. Setelah mempunyai keterampilan yang cukup selanjutnya persiapkan peralatan untuk bisnis, semakin banyak perlengkapan yang Anda miliki akan semakin baik.

Modal pertama yang harus dimiliki oleh pebisnis yang menjalankan jasa ini adalah modal kamera. Sebab kamera adalah alat untuk dokumentasi profesional pada saat ini. Terdapat dua jenis kamera yaitu kamera DSLR dan kamera shooting.

Kamera yang pertama adalah kamera DSLR, kamera ini memang memiliki harga dengan kisaran yang cukup mahal. Yaitu lima sampai enam jutaan beserta dengan berbagai alat pendukungnya. Selanjutnya adalah kamera shooting, untuk jenis kamera ini mempunyai kisaran harga lebih mahal dari kamera DSLR yaitu 10-15 juta.

Persiapkan software, selain Anda harus memiliki modal kamera Anda juga harus mempunyai software untuk mengedit semua hasil rekaman video. Nah aplikasi yang biasanya digunakan olelh seorang juru kamera adalah Adobe Photoshop atau bisa juga Adobe Premiere.  Adobe Photoshop digunakan sebagai pengolahan hasil citra pada gambar sedangkan Adobe Premiere digunakan untuk penggabungan serta mengedit video.

Perbanyak belajar ilmu editing foto dan video di berbagai media belajar untuk mendapat ilmu yang lebih bermanfaat. Belajar pengambilan gambar yang berkualitas, dan mengedit gambar dengan teknik pemasaran terhadap calon konsumen. Hal ini akan membuat para konsumen puas dan membuat nilai positif terhadap jasa ini.

Selanjutnya berkreasi dan berinovasi untuk hasil yang unik dan menarik, seseorang akan puas dengan hasil rekaman yang berkualitas baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memiliki alat perekam yang baik akan kualitasnya. Tidak hanya itu Anda juga harus memperhatikan kemampuan edit hasil video yang baik.

Berikutnya adalah lakukan promosi di berbagai media yang ada, seperti sosial media, spanduk, leaflet, maupun dari mulut ke mulut. Bangunlah sebuah kepercayaan yang babik di masyarakat agar bisnis jasa Anda lebih dikenal oleh masyarakat. Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara tidak mematok harga yang tinggi namun menghasilkan hasil rekaman video yang memuaskan.

Tidak ada salahnya jika Anda memulai promosi dengan gratis atau dengan harga yang lebih murah. Apabila video yang dihasilkan tersebut dengan kualitas bagus dan memuaskan konsumen pastinya. Dan tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali menghubungi jasa yang Anda berikan jika ada acara lain.

Lambat laun pasti akan banyak orang yang menggunakan jasa video shooting yang Anda jalankan. Jangan lupa untuk selalu menyertakan iklan jasa video shooting Anda di dalam hasil video yang akan diberikan kepada konsumen. Sehingga apabila seseorang sedang menonton video buatan Anda dan mereka tertarik akan dapat langsung menghubungi kontak Anda.

Lakukan pelayanan yang terbaik untuk konsumen Anda, bagaimana pun juga konsumen harus diberikan pelayanan yang memuaskan. Oleh karena itu berikan pelayanan yang terbaik yang Anda miliki. Seperti kualitas, sapaan ramah, senyum yang tulus, harga yang kompetitif, dan tepat waktu.

Untuk sukses menghadapi persaingan, Anda perlu memiliki nilai yang lebih baik yang tidak dimiliki oleh pesaing-pesaing Anda. Dan Anda juga perlu untuk menyatak nilai lebih yang Anda miliki tersebut agar konsumen merasakan dan membuktikannya sendiri. Nilai lebih ini tentunya juga harus sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen.

Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang apa kelebihan dan kekurangan pesaing Anda. Atau Anda juga bisa membuat daftar untuk memudahkan Anda mengingatnya. Dengan seperti ini Anda akan dinilai baik oleh konsumen daripada pesaing Anda.

Langkah terakhir adalah menentukan profit dari bisnis Anda. Jika bisnis Anda banyak dikenal oleh masyarakat maka keuntungan pun akan semakin banyak. Tinggal bagaimana Anda memperlakukan bisnis ini, jika dilakukan dengan keuletan dan konsisten usaha ini cukup berkompeten.

Tips Agar Bisnis Jasa Video Shooting dapat Berjalan Sukses

Tips agar bisnis jasa video shooting dapat berjalan sukses adalah membuat tim sesuai dengan bidangnya. Sebaiknya Anda membuat tim baik tim untuk produksi maupun tim untuk pengelola. Usahakan orang yang tergabung dalam tim adalah memiliki kemampuan yang baik dalam bidang video maupun audio.

Bagilah tim ini menjadi tim dari setiap inti, misalnya tim inti dibagi oleh tiga orang. Yang terdiri dari kameramen, edit video, dan lighting. Jumlah tim produksi shooting sesuai dengan kebutuhan SDM yang bergantung pada acara dan juga peralatan yang digunakan.

Tentukan lokasi untuk memulai atau membuka bisnis ini, dengan cara melakuakn survey. Survey ini dilakukan untuk menentukan bahwa jika di lingkungan tersebut terdapat jasa video ini yang sudah dilakukan atau  belum. Jika belum terdapat jasa di lingkungan tersebut maka peresiapkan teknik dan fasilitas sebagai pendukung.

Selanjutnya adalah, belilah peralatan sesuai dengan kebutuhan Anda. Peralatatan yang wajib dimiliki oleh seorang yang mempunyai bisnis ini adalah roll kabel power, komputer editing, printer, roll kabel RCA untuk video. Selain itu Anda juga membutuhkan lampu, tripot, stand lampu mixer video, dan kamera video.

Pengelolaan keuangan di saat modal terbatas, belilah peralatan ini sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan peralatan harus lengkap pada awal berbisnis. Utamakan kreatifitas dan inovasi dalam melakukan bisnis ini.

Selalu lakukan dengan penuh kegigihan dan semangat serta jangan pantang menyerah. Biasanya pebisnis yang pertama kali mendapat suatu kendala mereka langsung mengurungkan niatnya untuk berbisnis lagi. Bukan hanya bisnis ini, namun bisnis apapun yang dilakukan harus benar-benar dilakukan serius, tekun, rajin, dan tahan banting dalam berbagai kondisi.

Jangan lupa untuk memperhatikan skill pemasaran yang akan Anda lakukan. Sebaiknya Anda dapat menguasai pasar baik konvensional maupun dalam bentuk online. Dan jangan lupa untuk selalu memanfaatkan media digital dalam melakukan pemasaran jasa tersebut.

Usahakan kemampuan kerja sama dalam tim yang baik, sebab bisnis ini tidak akan dilakukan oleh seorang diri. Lakukan good teamwork skill dan kemampuan berkerja sama dalam berbisnis ini. dengan melalukan hal seperti ini akan dapat memperoleh hasil yang baik untuk konsumen maupun pebisnis.

Seorang pebisnis ini harus mempunyai kemampuan persuasif dan negosiasi. Sebab tidak hanya memperkenalkan sebuah jasa melainkan pebisnis juga harus sebisa mungkin mengajak orang-orang untuk memakai jasanya. Selain persuasi, kemampuan negosiasi juga sangat penting agar sebuah transaksi dapat memuaskan dan dapat memenuhi kedua belah pihak.

Keterampilan selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis adalah kemampuan analisis. Kemampuan ini sangat dibutuhkan ketika kamu akan menentukan target pasar secara tepat. Selain itu kemampuan ini juga berguna untuk mengetahui keinginan pasar, sehingga kamu dapat dengan mudah mengembangkan jasamu.

Pebisnis juga harus mempunyai sifat yang teliti. Bisnis yang dilakukan ini akan berhubungan dengan orang banyak orang jadi tentu saja sifat ini perlu untuk diterapkan. Kesalahan kecil saja yang kamu lakukan pada saat melakukan pekerjaan maka akan dapat menjadi penilaian negatif bagi masyarakat.

Seseorang yang melakukan bisnis pastinya akan mengalami hambatan, maka dari itu perlu untuk mempelajari tentang sesuatu yang menjadi hambatan. Namun bagi seorang pebisnis hambatan akan menjadikan mereka sebagai pelajaran yang berarti. Maksudnya agar pebisnis itu dapat mempelajari segala sesuatu dari hambatan tersebut untuk menjadi semakin baik.

Sebaiknya sebelum memulai bisnis ini, Anda tidak perlu takut untuk sharing dengan orang yang lebih dahulu menjalankan bisnis ini. Anda bisa bertanya tentang pengalaman ketika beliau menjalankan bisnis jasa video ini. Dengan seperti itu Anda dapat mempelajari perjalanan bisnisnya dari awal karirnya sampai karirnya saat ini.

Bisnis ini memang tergantung pada saat moment tertentu saja, namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Yang terpenting adalah Anda harus menjalankan bisnis ini dengan keseriusan dan mempunya konsintensi terhadap bisnis yang akan dijalankan. Jangan ragu jika Anda mempunyai keterampilan dalam bidang ini sebab semua harus dicoba dengan ide-ide yang tentunya kreatif.

Hal yang juga perlu diperhatikan untuk mempertahankan bisnis Anda adalah selalu menjaga kualitas baik yang sudah menjadi pandangan masyarakat. Serta jangan bosan untuk terus belajar dan jangan lupa untuk berdoa. Berikan hasil dengan kualitas yang baik dan harga yang tentunya murah atau terjangkau tetapi kualitas tidak murahan.

 

Daftar Referensi:

· Argono. Panduan Menguasai Video Editing. Depok: Penerbit Kawab Pustaka

· Littlefield, Joanne. 2015. Video Production Handbook for Short Educational Videos. Colorado: Colorado State University

· Wahana Komputer. 2008. Video Editing dan Video Production. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Bagikan:

Artikel Lain

30 Jan 2020 Berita
Startup Weekend kembali digelar kali ini di BSD sebagai ajang belajar bikin startup.
12 Jan 2020 Berita
Menghadapi tantangan yang semakin ketat di tahun 2020, videoin.id bekerjasama dengan femalepreneur mengadakan kelas online bagi para UKM untuk bisa dapat naik kelas