5 Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif untuk Menaikkan Pendapatan (Nomor 2 Ampuh untuk Menarik Pembeli)

Video Marketing 21 Jan 2019
ditulis oleh :

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, entah sebagai pemain lama atau pebisnis pemula, salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah bagaimana merancang strategi pemasaran secara efektif dan efisien untuk meningkatkan pendapatan. Di tahun 2018 lalu, untuk yang sudah memulai bisnis, pasti banyak hal yang terjadi di dalam bisnis Anda kan? Bisa jadi ada beberapa prioritas bisnis yang berubah, seperti penambahan produk, pembukaan cabang, penambahan investor atau hal lain yang ingin Anda perbaiki untuk tahun 2019 ini.   

Selain itu, pada tahun 2018 lalu, sudah banyak perusahaan yang mulai menggunakan teknologi artificial intelligence (atau yang secara umum disebut komputer) dan media sosial untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan. Sebagai contoh, di era yang serba cepat ini, model ojek online, online shopping, booking penginapan online dan segala hal yang serba ringkas dan mudah tersebut sungguh menarik minat pembeli. Dan menurut penerawangan kami, tampaknya di tahun 2019 ini strategi tersebut masih tetap berlaku dan akan tetap terus mengalami perkembangan.

Lalu, mengapa teknologi komputer dan media sosial semakin banyak digunakan di dunia bisnis? Hal ini disebabkan strategi pemasaran digital dinilai lebih efisien dan pengguna internet dan media sosial di Indonesia terus naik setiap tahunnya. Pengguna smartphone di Indonesia juga jumlahnya sangat besar. Menurut riset yang telah dilakukan oleh emarketer, pengguna smartphone di Indonesia mencapai 100 juta orang dan membuat Indonesia menduduki ranking pengguna smartphone aktif keempat setelah Cina, India dan Amerika. Luar biasa bukan?

Tahun 2019 sudah dimulai, bagi Anda seorang pengusaha atau mungkin yang akan memulai usaha baru di tahun ini, penting untuk mengetahui strategi pemasaran yang baik agar Anda tidak salah melangkah. Lalu sebaiknya apa yang harus dilakukan seorang entrepreneur agar bisnisnya dapat masuk pasar dan diminati oleh khalayak luas? Jangan resah dan gelisah, berikut ini adalah 5 strategi pemasaran bisnis yang efektif untuk menaikkan pendapatan dan niscaya menjadi tren di tahun 2019.

1. Menggunakan AI atau kecerdasan buatan

Seperti yang telah disebutkan, marketing menggunakan artificial intelligence (AI) atau teknologi komputer dapat menjembatani jarak antara data dan eksekusi. Pemrosesan data dari konsumen yang sangat banyak, sekarang dapat diolah dengan mudah menggunakan AI karena selain cepat, data tersebut juga akurat.

AI juga dapat membantu Anda untuk melakukan survey ketika Anda akan meluncurkan produk baru. AI akan membantu Anda untuk mensortir pendapat para konsumen sehingga Anda dapat mengambil kesimpulan dengan cepat. Jumlah data yang besar bukan menjadi penghalang Anda untuk mencapai kesuksesan dan tujuan perusahaan. Lebih efektif dan efisien bukan?

Lalu apa saja kunci kesuksesan AI yang membuat dirinya begitu populer di dalam dunia bisnis, terutama di bidang marketing. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus “memperkerjakan” AI, antara lain:

· Jumlah data yang besar

Tanpa perlu kerja yang berlebih, AI dapat mengolah jumlah data yang sangat besar dari berbagai sumber. Tim marketing Anda akan dengan mudah untuk mengecek, memverifikasi dan mengirim data yang mungkin dibutuhkan oleh konsumen.

· Pembelajaran mesin

Pembelajaran mesin atau machine learning ini dapat Anda gunakan ketika Anda ingin mengidentifikasi tren penjualan di perusahaan Anda. Selain itu pembelajaran mesin juga dapat mengidentifikasi kejadian-kejadian yang biasa terjadi di perusahaan, misalnya bagaimana respon dari konsumen dan reaksi konsumen, sehingga tim marketing Anda dapat dengan mudah menemukan akar dari permasalahan yang ada di perusahaan Anda.

Selain alasan tersebut, beberapa tahun belakangan ini AI mendapat perhatian yang sangat besar untuk menjalankan usaha. Menurut studi yang telah dilakukan oleh PwC study, 72% pengusaha melihat AI sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat untuk menjadi bagian dalam strategi pemasaran bisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dirasakan oleh pengusaha ketika mengikutsertakan AI di dalam tim marketing, yaitu:

· Menjangkau permintaan konsumen lebih luas

Ketika zaman semakin maju dan berkembang, konsumen pun juga semakin pintar. Peran media sosial dan mesin pencari seperti google juga sangat membantu eksistensi perusahaan Anda. Konsumen akan dengan cepat mencari apa yang ia dibutuhkan dalam waktu kurang dari satu menit walaupun jarak antara konsumen dan usaha Anda jauh.

AI juga dapat membantu perusahaan Anda untuk meranking kebutuhan konsumen yang biasa dicari di mesin pencari, sehingga perusahaan Anda dapat memfokuskan produk tertentu. AI juga dapat melihat profil konsumen dan apa saja yang biasa dicari oleh konsumen tersebut, sehingga AI dapat mengiklankan produk yang cocok dengan karakter konsumen Anda.

· AI dapat terus belajar dan berevolusi

AI juga dapat belajar dan terus mengalami evolusi mengikuti perkembangan perusahaan Anda. Selain itu, AI juga dapat terus memperbaiki kekurangan. Terlebih lagi AI juga dapat menggantikan peran manusia untuk berkomunikasi dengan konsumen secara livechat, sehingga lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.

2. Memberikan produk secara cuma-cuma

Apakah Anda pernah mendengar kata giveaway? Ya, giveaway merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan Anda. Pada tahun 2018 strategi pemasaran ini sudah dilakukan oleh beberapa pengusaha bisnis, dan diprediksi tahun 2019 trend ini masih akan terus berlanjut. Pada umumnya produk giveaway adalah produk yang belum dipasarkan, sehingga konsumen dapat mereview bagaimana pendapatnya atas produk tersebut. Akan tetapi ada juga perusahaan yang memberikan giveaway walaupun produk tersebut sudah memasuki pasar.

Walaupun diberikan secara cuma-cuma, produk giveaway basanya akan memberikan syarat tertentu kepada konsumen. Misalnya saja berlangganan email (subscribing), mengikuti akun tertentu di instagram atau juga menuliskan komen di sosial media lain seperti facebook atau blog.

3. Live video

Live video marketing juga termasuk salah satu strategi pemasaran yang diprediksi akan booming di tahun 2019 ini. Live video marketing dapat menghubungkan konsumen dan pengusaha secara langsung, sehingga konsumen dapat memahami produk lebih dalam dengan memberikan beberapa pertanyaan yang pasti dapat dijawab langsung oleh tim marketing Anda.

Poin ini didukung oleh beberapa sosial media yang mulai menerapkan live video, selain youtube Anda dapat menggunakan instagram, periscope, facebook dan twitter. Hal ini tentu memudahkan tim marketing Anda untuk berinteraksi dengan konsumen. Konsumen pun tidak perlu kebingungan untuk melihat live video Anda, karena pengguna instagram, facebook dan twitter di Indonesia sangat banyak.   

Namun,sebelum Anda melakukan live marketing, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ketika Anda live tidak kebingungan dan manfaat yang Anda dapat bisa besar. Apakah live video ini akan membantu Anda untuk menambah penjualan? Apakah live video ini cukup informatif ? Apakah live video ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bisnis Anda? Apakah live video ini dapat membantu Anda untuk mengumpulkan informasi calon konsumen Anda ?

Jika jawaban Anda seluruhnya adalah iya, maka Anda dapat bergerak ke step selanjutnya. Step selanjutnya ini lebih ke hal praktis. Misalnya saja apakah kamera Anda baterainya sudah penuh, apakah pencahayaan ruangan Anda cukup, apakah suasana ketika Anda melakukan live video cukup sunyi, apakah internet Anda berkecepatan tinggi dan hal praktis lainnya.

Salah satu hal penting yang tak boleh dilupakan ketika melakukan live video marketing adalah pastikan viewer Anda adalah orang-orang yang memang cocok dengan produk yang Anda tawarkan. Anda bisa memberitahukan bahwa Anda akan melakukan live video jauh-jauh hari, dan terus mengingatkan hal tersebut di platform Anda. Anda juga dapat mengajak konsumen untuk memberikan pendapat tentang hal-hal apa yang mereka inginkan ketika Anda akan melakukan live video marketing nantinya. Jadi ada akan mendapatkan ide dari kebutuhan konsumen Anda sendiri.

4. Video Marketing

Jika Anda bukan seseorang yang bisa berbicara lancar ketika live secara spontan dan ragu bahwa live video Anda akan berjalan sesuai yang Anda harapkan karena fasilitas tidak memenuhi kriteria, maka strategi pemasaran selanjutnya yang dapat dilakukan adalah video marketing. Video marketing menjadi pilihan konsumen untuk mengetahui lebih dalam tentang produk yang Anda tawarkan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam proses pembuatan video marketing, antara lain :

· Fokus pada cerita, bukan pada penjualan

Pada proses pembuatan video marketing yang perlu Anda perhatikan adalah cerita atau isi video Anda. Jika Anda fokus pada penjualan maka viewer akan bosan dan malah meninggalkan video Anda. Hal yang paling penting adalah Anda harus dapat mengetahui apa kebutuhan dan hasrat terpendam konsumen.

· Durasi video jangan terlalu lama

Video Anda harus dapat membuat konsumen Anda berpikir bahwa ‘saya harus melihat video ini’. Jika durasi Anda terlalu lama, misalnya satu jam, maka konsumen akan enggan untuk membuka video tersebut. Dalam proses pembuatan video harus padat dan bermakna.

· Buatlah semenarik mungkin dan jangan membosankan

Walaupun video Anda padat dan bermakna, tetapi jangan sampai membosankan. Konsumen akan lebih tertarik pada video yang ada unsur humor atau unsur menginspirasi, sehingga mereka tidak akan menutup video Anda.

Jika Anda mungkin mengalami kesulitan ketika membuat video, membuat konten atau mungkin Anda adalah pebisnis pemula yang masih belum paham dengan hal-hal yang berbau kamera, maka Anda dapat menggunakan jasa video shooting. Anda tidak perlu khawatir dan ragu untuk menggunakan jasa ini karena mereka akan dengan senang hati membantu Anda untuk memasarkan produk baru Anda, merancang konten apa yang akan Anda gunakan nantinya, sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu Anda untuk melakukan strategi lain.

Selain dapat meringankan pekerjaan Anda, Anda juga menambah relasi melalui jasa video shooting. Berkenalan dengan banyak orang adalah hal penting bagi para pebisnis, karena hal tersebut adalah salah satu sumber inspirasi.

5. Video animasi

Selain live video dan video marketing, video animasi juga memegang peranan penting dalam strategi pemasaran di tahun 2019 ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli, 64% konsumen akan membeli produk Anda setelah melihat video yang ditampilkan.

Konsumen juga lebih tertarik pada sesuatu yang berbau visual daripada sesuatu yang berbau teks.

Animasi video juga dibutuhkan untuk menarik konsumen yang mungkin lebih menyukai video animasi daripada video bukan animasi. Karena video animasi menawarkan cerita dan konsumen enjoy untuk mengikuti alur cerita tersebut. Sama dengan video marketing biasa, video animasi ini juga memiliki beberapa step yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membuatnya. Walapun video animasi membutuhkan beberapa hal seperti pengisi suara, CGI dan lain sebagainya, tetapi video animasi masih kokoh mempertahankan eksistensinya di dunia marketing.

Video animasi sebagai strategi pemasaran juga menawarkan beberapa kelebihan daripada video marketing yang biasa. Dengan video animasi Anda lebih bebas menentukan karakter, peran, kepribadian tokoh. Anda juga dapat dengan bebas membuat tokoh tersebut berkeliling dunia tanpa harus mengeluarkan biaya untuk berkeliling dunia benar-benar seperti seperti jika Anda membuat video marketing biasa. Sehingga animasi ini jika dipikir-pikir relatif lebih murah.

Salah satu video animasi yang terkenal adalah Ted-Ed. Ted-ed memiliki 3 juta subscriber dan salah satu video animasi pendidikan yang terkenal di youtube. Video animasi juga dapat menginformasikan sesuatu yang tidak dapat digambarkan dengan video biasa, seperti bagaimana makanan yang Anda makan diproses, bagaimana makanan sehat mempengaruhi tubuh Anda dan lain sebagainya.

Animasi juga dapat membawa Anda kembali ke masa lampau. Jika produk Anda bergaya vintage atau klasik, maka video animasi adalah salah satu media yang pas untuk Anda memasarkan produk atau jasa. Apalagi sekarang ini sedang happening yang namanya generasi 90an. Animasi juga dapat membawa Anda kembali ke kenangan masa kecil yang penuh dengan dunia animasi dan kartun. Calon konsumen Anda pun akan tertarik untuk melihat video Anda dan secara tidak langsung mereka akan paham tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jika Anda tertarik dengan marketing menggunakan video animasi, tetapi Anda tidak punya waktu untuk belajar membuatnya, maka jangan ragu untuk bekerja sama dengan jasa video animasi.

Jasa video animasi juga dapat membantu Anda merancang cerita yang cocok dengan usaha Anda agar tidak membosankan, mereka akan dengan kreatif membuat video Anda lebih merangkul banyak generasi, sehingga Anda dapat memperluas pasar. Menurut penelitian yang dilakukan web animasi dapat menarik 70% viewer daripada web dengan konten yang biasa. Anda bisa menggunakan tokoh animasi menjadi brand Anda juga.

Menggunakan jasa video shooting dan jasa video animasi juga merupakan ide cemerlang, sehingga Anda tidak perlu melakukan semuanya sendiri dan Anda lebih memiliki banyak waktu luang untuk lebih mengembangkan bisnis Anda. Manfaatkan betul kekuatan dari sosial media karena pengguna sosial media setiap tahunnya terus bertambah.

Selain cara tersebut di atas, tips strategi pemasaran selanjutnya yang tak kalah penting dalam mengembangkan perusahaan adalah untuk selalu menggelar pertemuan dengan tim Anda untuk membahas rencana tahunan. Hal tersebut sangat vital karena mereka yang paling mengerti konsumen adalah mereka yang terjun langsung di lapangan, berhadapan langsung dan berdialog dengan konsumen sehingga ide-ide dan saran-saran dari tim Anda tersebut sangat dibutuhkan.  

Mengubah cita-cita manjadi realita membutahkan langkah-langkah pasti agar usaha Anda menjadi sukses. Anda harus dapat berpikir secara realistis tentang ke mana bisnis Anda akan melangkah, Anda juga harus cukup fleksibel dengan ekspektasi Anda. Jangan terlalu kaku dan menolak perubahan. Jika perubahan itu memang baik dan bermanfaat, mengapa tidak? Teknologi adalah salah satu perubahan tersebut.

Anda juga harus pintar untuk merencanakan bisnis . Tak hanya merencanakan lho, akan lebih baik juga jika rencana tersebut dieksekusi. Tips rahasianya hanya satu, jangan terlalu banyak menunggu agar ide Anda menjadi sempurna, eksekusi dulu lalu baru belajar dari kekurangan-kekurangannya dan berusaha untuk memperbaiki.

Jika Anda sudah menerapkan strategi pemasaran yang efisien dan efektif di tahun sebelumnya, maka jangan terlalu terlena. Dunia terus berjalan dan zaman terus berkembang, teknologi juga maju tak kalah pesatnya, jika Anda ngotot untuk tetap menerapkan metode Anda yang mungkin kurang optimal, maka Anda akan kalah dengan pesaing-pesaing Anda yang melek teknologi dan berpikiran terbuka terhadap tren pemasaran yang sedang booming dalam dunia bisnis.

Itu tadi adalah 5 strategi pemasaran bisnis yang efektif untuk menaikkan pendapatan sebagai tren di tahun 2019. Dengan menggunakan strategi yang baik dan didukung oleh tim marketing yang kompak, maka bukan tidak mungkin usaha yang Anda jalankan akan lebih berkembang pesat daripada sebelumnya. Semoga sukses di tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya. Keep growing!

 

Bagikan:

Artikel Lain

23 Jul 2019 Berita
Moment-moment indah pernikahan memang sangat layak untuk diabadikan lewat sebuah dokumentasi, dokumentasi yang bagus bisa menjadi sarana nostalgia untuk mengenang keputusan berani atas nama cinta. Video menjadi pilihan terbaik
11 Jul 2019 Fitur, Update & Announcement
Video sendiri ada cukup banyak macam, yang sedang trend dan populer ditahun ini adalah penggunaan Video animasi, yup Jasa Video animasi saat ini merupakan industri yang cukup banyak permintaan. Dengan animasi kita bisa memberikan penjelasan yang lebih jelas terhadap audiance segala maksud kita, dengan waktu yang singkat.