11 Cara Efektif Membuat Video Marketing Perusahaan untuk Meningkatkan Penjualan (Dilengkapi dengan Berbagai Jenis Konsep Video)

Video Marketing 21 Feb 2019
ditulis oleh :

Dunia marketing tidak hanya dunia mengenai data dan keuangan saja, tetapi juga media untuk mengkomunikasikan siapakah diri Anda, branding Anda dan perusahaan, apa nilai dari perusahaan Anda dan tentunya yang paling penting, bagaimana cara Anda memimpin perusahaan Anda. Marketing atau pemasaran adalah poin krusial dalam suatu perusahaan, karena melalui marketinglah perusahaan Anda bisa bertahan, stabil dan terus berkembang. Tetapi tentu marketing tidak bisa berdiri sendiri, marketing membutuhkan divisi lain agar tujuan dan visi misi perusahaan dapat tercapai.

Selain sebagai divisi yang bertugas mengenalkan produk kepada konsumen, pemasaran juga memiliki tugas memberikan feedback pada perusahaan. Misalnya saja apa kekurangan dan kelebihan produk yang dijual di pasaran dan bagaimana strategi pemasaran bisa menjaga hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan agar tercipta hubungan jangka panjang.

Banyak sekali strategi pemasaran untuk mempromosikan brand suatu perusahaan. Menurut penelitian dari HubSpot, lebih dari 50% konsumen menginginkan untuk melihat brand suatu perusahaan melalui video marketing, 46% melalui email, 41% melalui gambar dari sosial media dan yang terakhir melalui pdf dengan 17%. Jika website Anda menggunakan video yang menghibur di dalamnya, maka viewer web Anda akan naik kira-kira 80%. 90% konsumen juga mengatakan bahwa dengan melalui video marketing, mereka akan memutuskan membeli suatu produk atau tidak.

Setiap produk yang Anda luncurkan, masing-masing pasti memiliki cerita atau kisah yang unik. Narasi yang Anda berikan kepada masyarakat tentang produk Anda harus berani berbeda, unik dan menarik. Agar pesan dapat tersampaikan dengan jelas, maka Anda bisa menggunakan teknik video secara live ataupun tidak serta teknik video animasi.

Dengan menggunakan visualisasi video marketing seperti itu maka akan ada emosi yang terbentuk pada viewer dan value brand Anda juga akan semakin terlihat. Hal ini tentu dapat menarik konsumen untuk memutuskan membeli produk Anda dan menjadi pelanggan setia yang selalu menunggu brand apa yang akan Anda keluarkan berikutnya. Strategi pemasaran menggunakan video marketing sudah banyak dilakukan oleh beberapa pebisnis pada tahun 2018 lalu. Di tahun 2019 ini kemungkinan besar video marketing terus bertambah pesat dan akan semakin beragam.

Selain sebagai media untuk mempromosikan brand, strategi pemasaran video marketing juga dapat memberikan informasi kepada konsumen tentang bagaimana cara menggunakan produk Anda atau istilahnya how-to, membagikan testimony dari pelanggan setia atau bisa juga digunakan untuk live video.

Video juga dapat menanam kepercayaan konsumen atau calon konsumen kepada perusahaan Anda. Tujuan utama dari strategi pemasaran sebenarnya adalah membangun kepercayaan pada konsumen dalam hubungan jangka panjang, membangun kredibilitas. Video adalah format yang ideal bagi para pengguna jasa atau produk. Alhasil 87% pengusaha memasukkan video sebagai salah satu strategi marketing mereka.

Pembuatan video marketing untuk strategi pemasaran yang pas juga tidak boleh asal membuat dan jadi, ada beberapa tipe video yang umum digunakan. Nah, sebelum mengetahui cara efektif membuat video marketing perusahaan untuk meningkatkan penjualan sebagai strategi pemasaran yang ampuh, akan lebih baik jika Anda mengetahui bermacam-macam jenis konsep video marketing yang bisa menjadi referensi agar video Anda lebih menarik.

·         Video demo

Demo video ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana produk Anda bekerja, mungkin mulai dari software yang dipakai, bahan baku hardware yang Anda gunakan atau dapat juga menggunakan konsep “unboxing products” yang saat ini sedang populer.

·         Video mengenai brand

Tipe yang satu ini lebih luas daripada demo video, dengan brand video Anda dapat menyajikan kepada masyarakat atau calon konsumen Anda tentang overview perusahaan, visi dan misi perusahaan dan servis atau produk yang disediakan oleh perusahaan Anda. Tujuan utama dari brand video ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang profil perusahaan Anda. Strategi pemasaran yang ciamik bukan?

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat video yang high-quality, tidak membosankan dan bermakna, maka Anda bisa menggunakan jasa video shooting atau jasa video animasi untuk melakukannya. Mereka yang professional di bidang jasa video shooting akan dapat mengeksekusi dengan baik dan membuat perusahaan Anda lebih dikenal serta dapat merangkul pasar yang lebih luas.

·         Video dialog dengan para ahli

Pembuatan video dialog dengan para ahli di bidangnya dan memang cocok dengan produk yang Anda luncurkan tentu menjadi nilai plus bagi perusahaan Anda. Untuk memulai strategi pemasaran ini, carilah beberapa influencer yang kompatibel dengan industri atau brand perusahaan. Anda bisa memulai diskusi dengan mereka di depan para penonton, hal ini tentu akan menambah rasa percaya masyarakat untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

·         Video yang mengedukasi

Video edukasi atau video intruksi bagaimana cara menggunakan produk merupakan strategi pemasaran efektif yang dapat meningkatkan pembelian. Buatlah sebuah video yang dapat mengedukasi para viewer tentang solusi yang Anda tawarkan. Video edukasi ini biasanya berupa video animasi. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat video animasi yang membutuhkan software tertentu, maka Anda bisa menggunakan jasa video animasi. Mereka yang profesional di bidang jasa video shooting akan dengan senang membantu Anda untuk menyusun konten cerita, membantu membuat karakter dan sebagainya.

·         Video testimoni

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana produk Anda dapat memberikan solusi pada konsumen dan tentu ingin memperluas pasar, maka disarankan untuk membuat video marketing testimoni. Video testimoni dapat menjadi pembuktian bagi para konsumen yang belum pernah membeli produk Anda. Ajaklah pelanggan setia Anda. Pelanggan setia Anda dapat menceritakan tentang problem yang mereka hadapi dan bagaimana perusahaan Anda dapat mengatasi problem tersebut.

 

Setelah Anda mengetahui apa tipe video yang akan Anda buat maka selanjutnya adalah membuat beberapa checklist strategi pemasaran yang harus Anda diskusikan dengan tim marketing Anda agar lebih efisien dan efektif. Berikut adalah 11 cara efektif membuat video marketing perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan strategi pemasaran yang jitu.

Ketahui target pasar Anda

Siapa target video marketing Anda? Anda bisa mendiskusikan poin ini dengan tim marketing perusahaan. Dengan mengetahui target pasar, maka produk yang dihasilkan akan lebih tepat sasaran pada target. Begitu pula saat melakukan inovasi produk, juga akan lebih detail dan sesuai dengan pasar.

 

Tentukan tujuan marketing video


Buatlah tujuan spesifik melalui pembuatan video marketing ini. Apakah untuk meningkatkan kesadaran viewer terhadap brand? Atau mungkin memperkenalkan produk baru? Tentukan output apa yang Anda inginkan ketika membuat sebuah video marketing. Jika Anda telah menemukan output apa yang Anda inginkan namun masih kebingungan membuat konten yang cocok, maka Anda bisa meminta bantuan pada jasa video shooting untuk membuat konten yang bermakna dan output sesuai yang Anda harapkan.

 

Di mana video Anda akan di luncurkan ?


Jika Anda mungkin memnggunakan live video atau mungkin hanya video saja, maka tentukan di mana Anda akan meluncurkannya. Lihat pasar yang cocok dengan brand Anda di sosial media. Misalnya saja, produk Anda adalah furnitur atau berkaitan dengan gambar, tentu Anda bisa mempost di media sosial yang memang fokus pada visual seperti instagram atau youtube.

 

Tentukan timeline


Jika Anda ingin membagikan video marketing Anda di waktu dan momen yang pas, maka jangan lupa untuk menentukan timeline. Misalnya jika produk Anda berkaitan dengan tahun baru, maka tentu Anda harus sudah mempersiapkan konten jauh hari, bahkan sebelum bulan Desember, agar launching produk bisa pas dan sesuai momen. Terlebih jika Anda menggunakan jasa video shooting terbaik, maka Anda harus booking jadwal terlebih dahulu dengan mereka bukan?

 

Berapa budget Anda?


Melakukan marketing, entah itu door to door atau dengan video pasti membutuhkan biaya. Anda juga bisa menggunakan video marketing berupa video animasi untuk lebih berhemat. Dengan video animasi Anda bisa menjelaskan lebih detail tentang produk Anda yang mungkin tidak bisa Anda jelaskan dengan video biasa, misalnya saja seperti bagaimana makanan sehat diolah oleh pencernaan.

Video animasi juga dapat menekan biaya. Anda dapat membuat karakter Anda berkeliling dunia, terbang kemana saja tanpa perlu benar-benar mengeluarkan biaya keliling dunia. Jika Anda merasa kesulitan untuk menentukan konten atau alur cerita, Anda dapat menggunakan jasa video animasi profesional untuk mengerjakannya.

Jika hal tersebut sudah Anda rancang dan didiskusikan dengan tim marketing Anda, maka langkah selanjutnya adalah fokus ke hal yang praktis. Jika Anda tidak fokus pada hal yang disebutkan di bawah ini, maka pembuatan video Anda nantinya akan kurang efektif.  

 

Membuat skrip


Jika Anda sudah memutuskan tipe video marketing yang akan Anda buat, maka selanjutnya adalah membuat skrip. Walaupun memang ada beberapa video yang secara spontan langsung dilakukan, tetapi tidak dengan bisnis video. Anda harus melakukannya secara runtut dan tertata.

Jika Anda tidak menyusun skrip maka yang terjadi adalah Anda akan terlalu banyak melakukan editing nantinya. Video Anda juga bisa memiliki durasi lama tetapi tidak memilki inti yang mengena. Hal tersebut tentu akan membuat Anda kehilangan pendengar.

Mulailah dengan membuat outline. Buatlah outline yang membuat viewer mengerti apa pesan dan tujuan video marketing Anda, jika video Anda tidak jelas dan viewer tidak mengerti apa yang Anda sajikan, maka tentu mereka tidak akan ragu untuk menutup video Anda di detik-detik pertama dan Anda akan kehilangan kesempatan emas.

Hindari kalimat-kalimat yang terlalu sulit dimengerti oleh para konsumen. Hal ini karena penonton Anda beragam, pun latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Pilihlah bahasa yang santai tapi tetap sopan, karena Anda juga membawa nama perusahaan di video marketing ini.

 

Perhatikan waktu


Video dengan durasi terlalu lama dapat membuat viewer Anda menjadi bosan setengah mati. Strategi pemasaran yang efektif dengan video marketing adalah durasi yang pas namun memiliki konten padat dan bermakna. Misalnya saja, 350 kata dalam skrip dapat menjadi video dengan durasi 2 menit. Jika Anda ingin memberikan informasi secara detail kepada para viewer, niscaya jangan lakukan di video. Solusinya adalah Anda dapat menambahkan link eksternal.

Ketika Anda sudah membuat skrip yang akan Anda sampaikan di video, maka berlatihlah dahulu sebelum proses pengambilan video. Jangan terlalu kaku dan tampak seperti membaca. Menggunakan jasa video shooting dapat memudahkan Anda mendapatkan pengarahan agar lebih santai dan luwes di depan kamera.

 

Persiapkan kamera


Sebelum Anda melakukan perekaman dengan kamera, pastikan bahwa memori Anda cukup untuk menyimpan video marketing ini. Jangan menyisakan storage hanya untuk satu video saja, Anda akan membutuhkan beberapa video nantinya yang akan diedit. Satu kali take dalam shooting kadang tak cukup memuaskan lho.

Jika Anda menggunakan kamera ponsel maka posisikan kamera Anda tidak terganggu oleh notifikasi-notifikasi lain. Pastikan bahwa baterai hp sudah diisi penuh dan memiliki memori yang cukup. Pastikan juga kamera Anda fokus, jangan terburu-buru, santai saja yang penting hasilnya bagus.

 

Mempersiapkan studio


Studio di sini tidak perlu mewah, cukup pastikan bahwa Anda memiliki pencahayaan yang bagus, suasana yang tenang dan sepi agar suara Anda bisa terdengar dengan jelas, serta siapkan mikrofon dan tripod untuk kamera Anda. Pilihlah background video yang netral dan tidak terlalu mendistraksi ketika Anda melakukan pengambilan video.

Lokasi yang akan Anda gunakan harus bebas dari suara-sura lain, seperti suara kendaraan, sirine, suara orang membuka dan menutup pintu atau suara orang berbicara di telepon. Pastikan juga suara Anda tidak menggema. Jika iya, maka Anda dapat menambahkan beberapa furnitur di ruangan Anda agar suara Anda bisa teredam.

Tripod yang Anda gunakan sebaiknya tripod yang kuat dan stabil untuk menahan beban kamera dan lensa Anda.

Namun, jika Anda merasa bahwa terlalu banyak yang harus dipersiapkan dan mungkin tempat yang akan Anda gunakan tidak memenuhi kriteria, maka jangan ragu untuk meminta jasa video shooting untuk melakukannya. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah belajar bagaimana berbicara di depan kamera dan tidak perlu repot untuk mengurusi pencahayaan, mikrofon, tripod dan hal-hal yang mungkin awam bagi Anda.

 

Persiapkan talent


Jika Anda mempunyai seseorang di perusahaan yang memang percaya diri, sudah biasa berada di depan kamera dan dapat berbicara dengan baik maka bersyukurlah. Hal tersebut karena seseorang yang seperti itu sangat jarang. Namun ketika Anda baru memulai bisnis dan Anda harus melakukannya sendiri maka jangan khawatir, hal ini tentu dapat dilatih. Anda dapat membagi skrip ke beberapa paragraf dengan inti kalimat , sehingga Anda akan dengan mudah mengingatnya. Anda juga dapat menghubungi jasa video shooting karena jaringan mereka untuk mencari talent lebih luas.

 

Menggunakan video animasi


Di Indonesia sekarang ini, perkembangan industri kreatif, terutama di bidang animasi sangatlah pesat. Hal ini dapat digunakan ketika Anda mungkin tidak memiliki studio yang pas memenuhi kriteria dan talent yang oke, maka Anda bisa memilih video animasi sebagai pilihan strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa membuat karakter yang cocok dengan brand Anda dengan alur cerita yang menarik kepada viewer. Anda bisa meminta bantuan kepada jasa video animasi yang professional jika Anda masih awam dengan dunia animasi.

Jika Anda memang serius menggunakan animasi sebagai pilihan video marketing Anda, maka satu hal yang perlu Anda kerjakan dengan keras adalah konsistensi. Apalagi jika video Anda mengandung cerita yang bersambung, maka tentu hal tersebut sangat penting. Ketika Anda mampu untuk mengupload video secara kontinyu pada saat hari dan jam yang sama, maka tentu pasar Anda akan meluas dan video Anda akan ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Mereka akan mulai mengecek channel Anda, website Anda dan media sosial Anda untuk melihat-lihat, tentu ini kesempatan besar agar brand anda lebih dikenal luas.

 

Itu tadi 11 cara efektif membuat video marketing perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan strategi pemasaran dan disertai dengan konsep video marketing pilihan. Iklan melalui video memang semakin lama semakin dapat dijangkau dan meluas berkat dukungan teknologi. Indonesia adalah Negara keempat di dunia yang paling banyak menggunakan smartphone. Dengan video marketing maka konsumen akan dapat melihatnya dimana saja, entah itu di bus, ketika menunggu pesanan makan siang atau aktivitas yang lainnya. Masyarakat sekarang lebih suka menonton informasi visual daripada harus membaca informasi yang cenderung panjang dan membosankan.

 

Youtube adalah salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk marketing. Mengapa? Karena youtube adalah mesin pencarian terbesar kedua setelah google. Hebat bukan? Banyak juga masyarakat yang lebih suka mencari jawaban atas masalah yang dihadapi melalui youtube. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan video marketing Anda, maka Anda bisa meluncurkannya di youtube. Terlebih dengan bantuan jasa video shooting, video Anda akan semakin menawan.

 

Hal penting lainnya yang perlu Anda dalami adalah konten, buatlah konten yang ringan dan mudah dimengerti tapi mengena. Konsumen akan cenderung melihat atau membaca sesuatu yang berguna dan menginspirasi bagi dirinya. Diskusikan hal ini dengan tim marketing Anda atau mungkin dengan jasa video shooting dan jasa video animasi yang Anda pilih.  

Bagikan:

Artikel Lain

30 Jan 2020 Berita
Startup Weekend kembali digelar kali ini di BSD sebagai ajang belajar bikin startup.
12 Jan 2020 Berita
Menghadapi tantangan yang semakin ketat di tahun 2020, videoin.id bekerjasama dengan femalepreneur mengadakan kelas online bagi para UKM untuk bisa dapat naik kelas